Senin, 30 Mei 2016

9 Fakta Unik Dibalik Ungkapan #TerimaKasih

Anda pernah berterima kasih ? Berterima kasih atau mengungkap rasa terima kasih kadang dianggap hal sepele bagi beberapa orang. Namun ternyata dibalik ungkapan Terima kasih terdapat banyak cerita inspiratif. Tidak hanya akan menginsiprasi anda namun juga membuat anda ingin mengungkap rasa terima kasih dengan cara-cara yang membuat orang lain tidak dapat melupakannya.

Setidaknya 9 fakta ini akan membuat anda menjadi terinspirasi untuk menyampaikan ungkapan terima kasih kepada orang-orang di sekitar.




Menulis kartu ucapan adalah salah satu cara mengungkapkan rasa terima kasih yang berkesan.  Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mengungkapkan rasa terima kasih dengan menulis minimal satu kartu ucapan setiap harinya. Selain menggunakan kartu ucapan, Zuckerberg juga memanfaatkan teknologi seperti email dan sosial media.



Jabat tangan adalah sebuah tanda untuk memberi apresiasi, mengucapkan terima kasih dan membuat persetujuan.  Para peneliti dari Inggris menyarankan berjabat tangan setidaknya dilakukan selama 2 detik. Jika jabat tangan dilakukan terlalu cepat akan menciptakan anggapan bahwa Anda adalah orang yang arogan dan menunjukkan ketidaktertarikan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah membiasakan ungkapan #terimakasih.Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Paul Mills di University of California membuktikan kesehatan mental dan fisik bisa ditingkatkan melalui perilaku dan pikiran positif. Salah satunya adalah perasaan ketika mendengar dan mengucapkan ungkapan #terimakasih.Paul beserta timnya melakukan penelitian terhadap perilaku dan pemikiran positif para penderita penyakit depresi seperti gangguan tidur, vertigo hingga stress. Kesimpulan yang diperoleh adalah perilaku dan pemikiran positif ungkapan #terimakasih para pasien terbukti meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki mood dan mengurangi peradangan yang dapat memicu penyakit jantung dan serangan stroke.



Peneliti Robert Emmons menyatakan bahwa mengungkapkan rasa #terimakasih memiliki banyak manfaat secara emosional, mental dan pikiran. Ia menambahkan bahwa orang-orang yang sering mengungkapkan rasa syukur dan #terimakasih, 25% cenderung lebih bahagia dan bersemangat dari orang biasa. Selain itu, mereka juga 20% cenderung tidak mudah sakit hati, iri atau kecewa. Bahkan, ucapan #terimakasih juga mampu membantu mengatasi masalah tidur, menurunkan tekanan darah dan membuat awet muda.



Di Thailand ucapan terima kasih dilakukan dengan salam wai. Apakah mitra Cera tahu seperti apa gerakan salam wai? Salam wai ini dilakukan dengan menangkupkan kedua telapak tangan di depan dada dan kepala sedikit merunduk ke depan. Selain untuk menunjukkan rasa terima kasih, salam wai juga digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan meminta maaf.



Mengungkapkan rasa terima kasih dengan bunga mawar warna peach


Menyampaikan rasa terima kasih ternyata dapat memberikan manfaat bagi orang yang menyampaikan dan menerima ucapan tersebut.Sebuah penelitian di Florida State University, Tallahasse, mengungkapkan bahwa menyampaikan terima kasih bisa memperbaiki perilaku dalam hubungan antar manusia.



Tahukah Anda? Menulis ungkapan terima kasih dapat mempengaruhi kesehatan.

Seorang ahli, Steve Toepler dari Kent State University, mengatakan jika ingin meningkatkan kesehatan, Anda bisa menulis ungkapan terima kasih pada seseorang selama 15 menit.




George H.W. Bush memiliki kebiasaan mengungkapkan terima kasih dengan menulis kartu ucapan. Bahkan, George H.W. Bush telah menulis ribuan kartu ucapan terima kasih yang menunjukkan bahwa ia mengapresiasi setiap kontribusi dan pencapaian. Kartu ucapan terima kasih tersebut ia tujukan kepada para pemimpin dunia, politisi, selebriti dan orang-orang yang membantunya dalam aktivitas sehari-hari.